Sunday, September 24, 2017

Mengatasi Lemari Berjamur

Almari adalah satu diantara perlengkapan rumah tangga yang umumnya di buat berbahan basic kayu, plastik, triplek maupun limbah kayu berbentuk serbuk gergaji yang dipadatkan (particle board). Almari juga adalah satu barang yang memiliki banyak manfaat. Hal semacam ini tampak dari banyak type almari dan peranannya. Ada almari hias, almari/rack buku, almari/rack piring, almari/rack sepatu serta almari baju dengan dua pintu, tiga pintu, bahkan juga ada yg tidak berpintu. Ukurannya juga bermacam, ada yang tinggi besar, tengah ataupun kecil, sesuaikan keperluan semasing.
Dengan peranan dan bahan baku yang bermacam, almari membutuhkan perawatan atau pembersihan yang teratur serta langkah yang berlainan sesuai sama type berbahan. Satu diantara almari yang membutuhkan perawatan ekstra yaitu almari memiliki bahan basic serbuk gergaji yang dipadatkan (particle board), seperti bahan basic almari baju/meja belajar merk " Olympic "
Pada kondisi suhu spesifik terlebih suhu dingin/lembab, almari dengan bahan particle board lebih rawan berjamur, hingga kita mesti betul-betul memberi perawatan ekstra. Terkecuali gampang berjamur, almari dengan bahan ini sangat disenangi jadi tempat semut-semut bertelur. Umumnya semut merah yang kecil -kecil serta semut hitam yang agak besar.
Di bawah ini adalah sebagian panduan simpel untuk menghindar & menangani almari berjamur :
Janganlah meletakkan almari sangat melekat ke dinding. Karna pada musim hujan, dinding mempunyai tingkat kelembaban yang cukup tinggi, hingga bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur. Tempatkan almari lebih kurang 5-10 cm dari dinding tempat tinggal anda.
Bersihkanlah almari dengan keluarkan beberapa barang yang ada didalamnya. Lalu jemur almari atau dekatkan dengan sinar matahari. Kerjakan minimum 1 bulan sekali.
Bila almari telah terlanjur berjamur, bersihkanlah almari dengan lap kering hingga gumpalan jamur betul-betul bersih, lantas lap kembali dengan lap basah. Kemudian, jemur almari hingga betul-betul kering, lalu gosok/lap dengan minyak kayu putih/alkohol (bisa bersihkan & membunuh jamur, dan cepat menguap/kering)
Langkah paling akhir, sebelumnya almari dipakai kembali. Taruh sebagian kapur barus dalam almari. Langkah beda yaitu, kapur barus dihaluskan lalu dibungkus kain serta digosok-gosokkan keseluruh permukaan almari.
Untuk menghindar kembalinya jamur, sisi belakang almari bisa dilapis dengan Lakban serapat mungkin saja. Lakban dapat juga menghindar kelembaban almari waktu bersentuhan dengan dinding.
Jalan keluar beda untuk menghindar kembalinya jamur dengan melapisi almari anda memakai cat kayu bening (tidak berwarna) berbahan melamin. Melamin dapat dibeli di toko bangunan lalu digabung tiner kemudian dapat memakai kuas untuk mengecat almari berjamur itu.
Harga Lemari Anti Jamur

No comments:

Post a Comment